Academics Blogs
blog directory

Blog Top Sites

Kamis, 23 September 2010

ALANGKAH LUCUNYA (NEGERI INI)



Kali ini koleksi Bioskop Indonesia yang pernah ku tonton adalah ALANGKAH LUCUNYA (NEGERI INI) di produksi oleh Citra Sinema dengan mengusung genre drama sekaligus komedi dan di sutradarai oleh Deddy Mizwar sekaligus pemain film di bioskop tersebut.
Film ini di bintangi oleh:
Reza Rahadian
Deddy Mizwar
Slamet Rahardjo
Jaja Mihardja
Tio Pakusadewo
Asrul Dahlan
Ratu Tika Bravani
Rina Hasyim
Sakurta Ginting
Sonia

Review nya seperti berikut
Sejak lulus S1, hampir 2 tahun Muluk belum mendapatkan pekerjaan. Meskipun selalu gagal tetapi Muluk tidak pernah berputus asa.

Pertemuan dengan pencopet bernama Komet di jalanan tak disangka membuka peluang pekerjaan bagi Muluk. Komet membawa Muluk ke markasnya yang kumuh, lalu memperkenalkan kepada bosnya bernama Jarot. Muluk kaget karena di markas itu berkumpul anak-anak seusia Komet yang pekerjannya adalah mencopet di pasar, jalanan, bus kota dll.

Namun akal Muluk berputar dan melihat peluang yang ia tawarkan kepada Jarot. Ia meyakinkan Jarot bahwa ia dapat mengelola keuangan mereka, dan meminta imbalan 10% dari hasil mencopet, termasuk biaya mendidik mereka.

Akhirnya usaha yang dikelola Muluk berbuah, namun di hati kecilnya tergerak niat untuk mengarahkan para pencopet agar mau merubah profesi mereka. Muluk dibantu dua rekannya yang juga sarjana, Muluk membagi tugas mereka untuk mengajar agama, budi pekerti dan kewarganegaraan.

Awalnya sangat sulit mengajari anak-anak jalanan menulis, membaca, sholat karena sejak kecil meraka tidak mendapatkan pendidikan. Namun karena kesabaran Muluk dan rekannya mereka berhasil mengajari anak jalanan bisa membaca, menulis, sholat dll. Tapi pada saat Muluk mengajak anak jalanan itu berhenti mencopet dan menjadi mengasong sebagian anak jalanan itu menolak sehingga terjadi perpecahan diantara anak jalanan itu namun karena mereka semua di berikan kebebasan untuk memilih akhirnya sebagian ada yang masih mencopet dan sebagian lagi mengasong. Muluk akhirnya pergi meninggalkan mereka, karena gagal mengajari mereka semua menjadi pengasong bukan pencopet.

Suatu hari saat sebagian anak-anak jalanan itu sedang mengasong Satpol PP datang dengan serdadunya untuk menangkap mereka namun Muluk membantu anak-anak jalanan itu melarikan diri dari kejar-kejaran polisi tapi akhirnya Muluk ditangkap oleh petugas Satpol PP karena menghalangi mereka menangkap anak jalanan itu. Anak-anak jalanan itu melihat Muluk di tangkap dari kejauhan dan menangis karena kehilangan Muluk yang mengajarinya selama ini. Tetesan air mata Muluk dan anak jalanan itu mengakhiri perpisahan yang paling menyedihkan antara merka.

Berhasilkah Muluk mempertahankan mereka?

Apa yang terjadi jika orang tua Muluk mengetahui bahwa gaji anaknya (Muluk) dari hasil mencopet?
Lebih jelasnya beli DVD nya atau nonton langsung di Bioskop kalau masih di puter lagi.

Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

1 komentar:

david ridsan mengatakan...

menurut gw ni bioskop memang menggambarkan keadaan negeri kita seperti ini...

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design